- Ketahui Penderita diabetes tak harus hindari gula sepenuhnya

Kamis, 28 Desember 2017

Ketahui Penderita diabetes tak harus hindari gula sepenuhnya

Ketahui Penderita diabetes tak harus hindari gula sepenuhnya,- Memakan gula tak akan membuat Anda terkena diabetes. Namun makan terlalu banyak makanan manis bisa memicu penyakit ini. Pasien diabetes memang memiliki banyak batasan yang harus dijalaninya, terutama dalam hal pola makan dan gaya hidup. Namun batasan ini tak seharusnya bersifat kaku, seperti tak mengonsumsi gula sama sekali.

Menghindari gula sepenuhnya juga tak sehat untuk pasien diabetes. Tak mengonsumsi gula sama sekali bisa menyebabkan tubuh kekurangan gula dan berujung pada komplikasi. Yang terpenting adalah tidak mengonsumsi gula secara berlebihan.

Berikut adalah beberapa saran diet yang bisa dilakukan oleh pasien diabetes, tanpa harus menghindari gula sepenuhnya:

Makanan kaya serat
Makanan yang kaya serat juga dipenuhi nutrisi. Ini akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama karena glukosa di dalamnya lebih lama dibongkar. Makanan berserat akan dipenuhi karbohidrat kompleks dan berada dalam sistem lebih lama.

Bawa makanan manis
Ada kalanya tingkat gula darah akan anjlok. Jika ini yang terjadi sebaiknya selalu bawa permen atau makanan manis. Ini juga salah satu alasan mengapa pasien diabetes tak harus menghindari gula sepenuhnya.

Tak pernah kelaparan
Pasien diabetes tak boleh merasa lapar. Ini bisa menurunkan tingkat gula darah dan menyebabkan komplikasi. Anda harus mengonsumsi makanan yang cukup, makan tepat waktu, dan bila perlu mengonsumsi camilan di antaranya.

Jadwal makan teratur
Selain tak boleh kelaparan, jadwal makan pasien diabetes harus teratur. Anda harus mengonsumsi makanan pada waktunya dan secara teratur. Selain memperhatikan apa yang harus dimakan, Anda juga perlu memperhatikan porsi makanan.

Lebih banyak protein
Untuk mendapatkan tubuh yang lebih sehat, sangat penting mengonsumsi cukup protein. Ini juga sangat penting bagi pasien diabetes.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar