- Awas, makan cokelat bisa picu serangan asma

Selasa, 15 Agustus 2017

Awas, makan cokelat bisa picu serangan asma

Awas, makan cokelat bisa picu serangan asma,- Kebanyakan orang mengira bahwa serangan asma berasal dari debu, bulu binatang, atau kutu. Namun bahkan makanan semanis cokelat yang banyak digemari pun ternyata juga bisa memicu serangan asma. Sebaiknya Anda berhati-hati sebelum mengonsumsi terlalu banyak cokelat.

Sayangnya tak banyak orang yang memahami dan waspada tentang hal ini. Kebanyakan orang hanya fokus pada pemicu yang biasa sehingga mereka tak mewaspadai pemicu asma yang lainnya. Seperti yang terjadi pada Louise, seorang warga asal Inggris berusia 41 tahun. Louise tak pernah mengira bahwa cokelat bisa memperburuk asma yang dimilikinya hingga Desember 2012, ketika cokelat memicu serangan asma padanya.

"Aku makan cokelat setiap hari karena itu aku merasa bisa jadi cokelat berpengaruh terhadap asmaku. Secara perlahan aku mengurangi konsumsi cokelatku. Kemudian asmaku membaik, aku masih tak percaya bahwa cokelat ternyata bisa memperburuk asmaku," ungkap Louise.

Setelah makan segigit cokelat, Louise mulai batuk, namun dia tetap menghabiskan cokelatnya. Tanpa disadari, cokelat itu membuat batuknya bertambah parah dan mengalami sesak napas. Sejak saat itu, Louise menghindari semua hal yang memicu asmanya termasuk cokelat dan debu.

Kasus yang dialami oleh Louise ini sebaiknya membuat para penderita asma waspada. Asma pada masing-masing orang bisa disebabkan dan dipicu oleh hal yang berbeda, tak hanya cokelat tetapi juga makanan lainnya. Pemicu asma juga sulit dideteksi, sehingga ketika Anda mulai mengalami gejala asma saat mengonsumsi makanan tertentu, sebaiknya waspadalah.

Selain selalu waspada dengan berbagai macam makanan yang bisa memicu asma, pasien asma sebaiknya juga selalu menyiapkan obat asma kapan saja dan membawanya ke mana saja untuk pertolongan pertama ketika mereka mulai merasakan gejala asma yang tak terduga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar