- Awas, asma bisa picu serangan jantung

Selasa, 15 Agustus 2017

Awas, asma bisa picu serangan jantung

Awas, asma bisa picu serangan jantung,- asma adalah satu masalah kesehatan yang cukup serius dan bisa berakibat berbahaya jika tak segera di tangani. Namun sebuah penelitian terbaru mengungkpa bahwa asma ternyata juga bisa berimbas parah lagi. Penelitian ini mengungkap bahwa asma juga bisa memicu serangan jantung. Bagaiamna bisa?

Penelitian menunjukan bahwa pasien asma yang harus mengonsumsi obat setiap hari untuk mengontrol asmanya berkemungkinan mengalami peningkatan risiko serangan jantung. Sementara itu, penelitian lain juga menunjukan bahwa pasien yang memiliki asma aktif juga memiliki risiko terkena serangan jantung yang tinggi.

Orang yang memiliki asma sebaiknya melakukan usaha untuk mengontrol gejala asma mereka. Karena mengontrol asma dengan benar tak hanya meredakan gejala asma tetapi juga menurunkan risiko terkena serangan jantung.

Hasil ini di temukan peneliti setelah mengamati 543 pasien yang mengalami serangan jantung dan 543 pasien yang tidak mengalami serangan jantung. Setelah memperimbangkan faktor lain seperti obesitas, kolesterol tinggi, dan kebiasaan merokok, peneliti menemukan bahwa 70 persen kenaikan resiko serangan jantung terjadi pada pasien yang memiliki masa aktif. Namun pada pasien dengan asma pasif tak terdapat peningkatan risiko serangan jantung.

Dalam penelitian lainnya, peneliti yang di pimpin oleh dr matthew tattersall dari univeristy of wisconsin- madison school of medice and public health menemukan bahwa pasien asma yang harus di minum obat setiap hari memiliki risiko serangan jantung dan stroke 60 persen lebih tinggi.

Ini di temukan setelah peneliti mengamati 6.800 orang selama 10 tahun. Selain pengobatan setiap hari dan asma, peneliti juga menemukan bahwa peningkatan risiko serangan jantung pada pasien asma juga di picu kebiasaan merokok dan polusi udara.

Peneliti menyarankan agar pasien asma menghentikan kebiasaan merokok dan menjaga gaya hidup sehat mereka agar penyakit asma yang dimiliki tidak memicu masalah kesehatan lain seperti serangan jantung dan stroke.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar