- Asma bisa sembuh dengan sendirinya saat anak dewasa

Jumat, 19 Mei 2017

Asma bisa sembuh dengan sendirinya saat anak dewasa

Asma bisa sembuh dengan sendirinya saat anak dewasa,-Asma tentu sangat menyiksa penderitanya, terutama jika yang terkena adalah anak-anak. Namun sebuah penelitian terbaru mengindikasikan bahwa asma bisa sembuh dengan sendirinya ketika anak beranjak dewasa. Sayangnya, kemungkinan sembuh ini hanya terjadi pada satu dari lima anak yang terkena asma.

Meski begitu, hal ini tampaknya tak akan berlaku pada anak perempuan yang terkena asma karena alergi terhadap hewan berbulu seperti anjing dan kucing. Penelitian menunjukkan bahwa kemungkinan anak perempuan dengan alergi tersebut untuk sembuh dengan sendirinya saat dewasa cukup kecil.

Hasil ini ditemukan peneliti Swedia setelah mengikuti 200 anak penderita asma. Ketika berusia 19 tahun, 21 persen anak mengalami penurunan gejala asma. Mereka tak lagi sering sesak napas dan tak memerlukan alat inhaler. Penurunan gejala ini lebih umum terjadi pada anak laki-laki.

"Sensitifitas pada hewan berbulu dan asma yang lebih akut pada usia tujuh sampai delapan tahun tak mengalami penurunan saat dewasa," ungkap penulis penelitian Dr Martin Anderson dari Obstructive Lung Disease di Swedia Utara, seperti dilansir oleh US News (30/07).

Banyak anak yang mengalami asma saat masih kecil mengalami penurunan gejala saat telah dewasa. Namun dokter jarang menganggapnya sebagai kesembuhan karena khawatir asma akan muncul lagi ketika anak bertemu dengan pemicu asma. Peneliti menemukan bahwa tingkat pengurangan bisa berkisar antara 16 - 60 persen pada remaja.

Penelitian ini memberikan harapan bagi orang tua untuk melihat anak mereka sembuh dari asma. Namun penelitian ini juga tak memberikan jaminan. Sayangnya penelitian ini tak menjelaskan apakah perawatan asma seperti suntikan alergi bisa berpengaruh terhadap kemungkinan sembuh dari asma di masa mendatang.

Posted by : Obat Lipoma

Tidak ada komentar:

Posting Komentar